Tuesday, May 21, 2013

Khasiat Dan Kandungan Gizi Telur

Khasiat dan kandungan gizi telur memang banyak yang sudah mengetahuinya dan juga masyarakatpun sudah banyak yang mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Telur sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu cangkang telur, putih telur dan juga kuning telur. Seluruh bagian ini dapat anda ambil khasiatnya.

Sebagai contoh, cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, putih telur dan kuningnya dapat anda manfaatkan dalam membuat adonan kue. Selain itu, telur juga dapat anda manfaatkan sebagai salah satu bahan terapi untuk menjaga kesehatan anda karena telur mengandung gizi yang diperlukan tubuh. Lantas, khasiat dan kandungan gizi telur kira-kira apa saja?




kandungan gizi telur















Khasiat dan kandungan gizi telur


1. Lutein yang mampu merawat mata

Salah satu khasiat dari telur yaitu mampu membantu merawat mata. Hal ini dikarenakan adanya karetenoid yang cukup tinggi terutama pada bagian kuning telur. Karetenoid tersebutadalah lutein dan zeaxanthin yang dapat anda manfaatkan untuk mencegah terjadinya agerelated macular degeneration (AMD). Khasiat dan kandungan gizi telur ini dapat anda gunakan sebagai terapi alami bagi anda yang memiliki gangguan pada mata.


2. Sumber zat besi bagi penderita anemia

Khasiat dan kandungan gizi telur yang kedua ini tentunya menjadi banyak pilihan orang ketika mengalami anemia. Telur merupakan salah satu bahan yang dapat dengan mudah anda peroleh dengan harga yang terjangkau, oleh karena itu sebagai alternative pilihan pengganti daging kambing yang merupakan sumberzat besi terbesar, anda dapat memanfaatkan telur. Selainitu, zat besi dalam telur dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh sehingga baik untuk kesehatan.

3. Kandungan vitamin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan berbagai vitamin dalam telur telah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, sangat disarankan jika pada usia anak-anak untuk banyak mengkonsumsi telur agar resiko terkena penyakit semakin rendah. Adapun kandungan vitamin dalam telur diantaranya yaitu vitamin A, E dan juga B12.

No comments:

Post a Comment